Kamis, 18 Juli 2013

Efek Jadi K-Poper

Halooo! Melanjutkan post bahasa Indonesia yang kemarin, kali ini Icha bakal ngebahas obrolan ringan dalam bahasa Indonesia juga! Topik post ini adalah "Efek Jadi K-Poper". Seperti yang udah kita tau, K-Pop atau hal-hal lain berbau Korea lagi booming-booming nya di Indonesia. Apakah kalian salah satu dari orang yang terkena demam Korea? Nah, sekarang yuk kita lihat beberapa "efek" yang umum dirasakan setelah menjadi K-Poper!

1. Standard "Cowok Ganteng" atau "Cewek Cantik" Meninggi
Akibat terlalu sering ngeliat cowok-cowok Korea yang ganteng atau cewek-cewek Korea yang cantik, maka dengan sendirinya standard tipe ideal kita pun meningkat. Cari pacar maunya yang ganteng atau cantik kayak artis Korea favorit. Susah juga sih, soalnya di Indonesia kan jarang-jarang ada orang yang ganteng atau cantiknya ga manusiawi kayak begitu.
 Hayo, yang mana yang paling ganteng pake jas?

 Hayo, gimana ga bingung milihnya?


2. Ekspektasi Soal Cinta jadi Terlalu Besar
Nah, kalo yang ini terjadi akibat terlalu sering nonton drama Korea. Secara ceritanya tuh so sweet semua. Siapa yang ngga kepengen coba punya pacar ganteng dan romantis kayak yang ada di drama Korea?
 
   Kyaaaa mau dong jadi ceweknyaa ><

3. Kemampuan Berbahasa Inggris Meningkat
Secara semua video drama, variety ataupun reality show, video interview dan lain-lain subtitle nya kebanyakan pakai bahasa Inggris, mau ngga mau kita jadi belajar bahasa Inggris lebih giat. Kalo ada kosa kata yang ga dimengerti pasti langsung cari artinya di google translate atau kamus. Jadi, otomatis kita jadi paham banyak kosa kata bahasa Inggris.

4. Sedikit-sedikit Bisa Bahasa Korea
Akibat sering denger lagu, nonton film atau video, atau baca tulisan-tulisan Korea, maka kita sedikit demi sedikit mengerti bahasa Korea. Awalnya bisa nulis dan baca Hangul, lama kelamaan perbendaharaan kata bahasa Korea jadi semakin banyak. Kalo dibina terus, mungkin kita bisa jadi translator tuh!

5. Pengetahuan yang Luas soal K-Pop, K-Drama, K-Idols
Rasanya, kalo ada pelajaran tentang hal ini, kita bakal jadi siswa dengan nilai terbaik. Kita ga pernah ketinggalan soal update-update terbaru dunia hiburan Korea. Mulai dari lagu-lagu baru, artis yang comeback, artis yang baru debut, juga tentang gosip-gosip artisnya dan seputar drama-drama yang lagi ngehits. Bahkan, ketika orang lain bingung ngebedain muka artis yang satu dengan yang lain, kita bisa dengan mudah membedakannya. Kita hafal semua muka dan nama artis-artis yang kebanyakan serupa tapi tak sama. Kita juga semangat banget kalo nyeritain hal-hal berbau Korea, apalagi kalo disuruh cerita gosip atau nyeritain sinopsis drama kesukaan kita. Ini juga termasuk hafal biodata bermacam-macam idol, seperti makanan kesukaan, warna kesukaan, tipe ideal, punya sodara berapa, punya hewan peliharaan apa, dan lain-lain. Kita juga hafal lirik lagu dan gerakan-gerakan dancenya. Pokoknya kita bagaikan ensiklopedi berjalan yang isinya "Korea-Koreaan".

6. Liburan = Malam jadi Siang, Siang jadi Malam
Ini sih kalo bukan K-Poper juga ada yang ngalamin hal begini. Tapi, buat K-Poper ini juga salah satu aftereffect nya. Di malam hari ketika koneksi internet lancar, kita asik nonton video dan download-download sampe ga kerasa matahari udah mau terbit. Jadilah kita tidur di siang hari. Udah berasa kayak kelelawar aja ya.

7. Memori Komputer, Handphone, iPod, dan Gadget-gadget Lainnya Penuh
Apalagi isinya kalau bukan video, foto dan lagu Korea.

8. Banyak Video dan Drama yang udah Ditonton
Saking banyaknya yang udah ditonton, sampe gatau lagi mau nonton apa buat ngisi waktu. Ini sih terjadi biasanya pas liburan. Rasanya Running Man episode awal sampe yang terbaru semua udah ditonton, DVD bajakan drama-drama pun semuanya udah ditonton, variety yang ini sampe yang itu semua udah ditonton. Semua udah pernah ditonton sampe hafal bener apa yang bakal kejadian selanjutnya.

9. Suka Makanan Korea
Meski kenyataannya rasa makanan Korea agak-agak aneh (asem, pedes, manis, asin, dan hambar bercampur jadi satu), tapi kita tetep menikmatinya dengan gaya mirip orang Korea. Misalnya makan ramyeon langsung dari panci dan dialasin tutup panci. Kita juga jadi suka makan pake sumpit. Kemana-mana nyari restoran Korea dan selalu pengen nyoba masakan Korea. Bibimbap, kimbap, ddeokbokki, kimchi, ramyeon, jjajjangmyun, naengmyun, patbingsoo, samgyupsal, samgyetang, semuanya pengen dicoba. Apa daya, soalnya tiap ngeliat drama Korea atau variety show yang ada makannya, pasti bikin kepengen banget!

10. Bercita-cita Pergi ke Korea
Korea di sini maksudnya ya Korea Selatan. Pengen rasanya jalan-jalan di tempat-tempat yang pernah dilihat di drama atau variety show. Jeju Island, Nami Island, Namsan Tower, gedung stasiun TV atau entertainment agency macam SM, YG, dan lain-lain (sambil berdoa, berharap ketemu sang idola). Karena cita-cita yang tinggi ini, kita pun jadi berdoa terus, menabung, dan ikut-ikut kuis supaya bisa pergi ke Korea.

11. Rajin Menabung
Yang ini sih bukan cuma efek, tapi wajib dilakukan. Sebagai K-Popers, kita wajib rajin menabung buat memuaskan keinginan kita dalam fangirling atau fanboying. Beli album, beli merchandise dari yang official sampe yang abal-abal, beli DVD bajakan, sampe nabung buat nonton konser. Semua dilakukan demi memenuhi hasrat yang mendalam. Hahaha...

Nah, itu dia tadi 11 aftereffect jadi K-Poper. Apa kalian mengalaminya? Atau ada efek lain yang kurang? Tell us if you know other effects! ^^
See you on the next post! Ppyong~!
 
~ChaRiSa~ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar